Thursday, January 23, 2014

Tips Merawat Rem

Tips Merawat Rem
Rem merupakan merupakan komponen yang sangat vital. Jika tidak diperhatikan Tips Merawat Rem dan salah-salah dalam merawatnya bisa fatal akibatnya. Nyawa taruhannya. Nah untuk itu, rem juga butuh perhatian khusus agar dapat berfungsi dengan baik.
Berikut adalah langkah-langkah dalam Tips Merawat Rem sehingga Anda dapat dengan aman dan nyaman dalam berkendara.

1. Perangkat rem perlu diperiksa jika mobil sudah menempuh 10.000 km. Perangkat rem perlu dibersihkan dari penumpukan debu dan kotoran yang sering melekat di bagian kanvas, tromol dan cakram. Sebab, debu berpotensi menyebabkan goresan pada piringan atau tromol tergores.
2. Pada sistem pengereman hidrolik, rem pun perlu secara rutin dibersihkan dan dilakukan penggantian. Paling tidak setelah kendaraan menempuh jarak 40.000 km.
3. Penggantian komponen seperti, master, kanvas, maupun break pad, hanya perlu dilakukan jika bagian ini menunjukkan gejala kerusakan. Gejala kerusakan biasanya diawali dengan munculnya getaran berlebih saat melakukan pengereman atau terasa lebih dalam ketika menginjak pedal rem.
4. Pastikan keaslian suku cadang serta adanya pengerjaan perawatan mobil di tempat yang resmi dan profesional, mengingat komponen ini sangat penting dalam keselamatan berkendara.

No comments:

Post a Comment