Tuesday, February 28, 2012

Tips Agar Oper Gigi Perseneling Lebih Mudah

Mengendarai Motor Bebek tidaklah nyaman apabila kita susah melakukan Oper Gigi Perseneling. Bahkan tak jarang hal itu (susah Oper Gigi Perseneling) adalah salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan. Tentu saja hal itu merepotkan kita, bahkan juga merepotkan pengendara lain. Asal anda tahu, setiap kita gagal melakukan hal itu  pasti akan terjadi pengulangan akselerasi rpm/kembali ke rpm rendah dulu. Yang ujung-ujungnya akan menjadi pemborosan BBM. 
Nahh... biar anda gak mengalami kendala di jalan ada baiknya anda mengetahui penyebab-penyebab susah Oper Gigi Perseneling. Jadi apabila hal itu terjadi anda bisa langsung mengatasinya. hehehe :D
Sekedar berbagi pengalaman ney!!!
Saat saya sedang dalam perjalanan menuju Kota Pahlawan, tepatnya di daerah Kota Soto saya melaju dengan kecepatan 70 km/jam. Ketika saya mau berpindah dari gigi 3 ke gigi 4 saya gagal melakukan Oper Gigi Perseneling. Saya pun panik... Di tengah kepanikan itu saya tak sempat melihat arah depan, pandangan dan pikiran saya hanya terpaku pada Perseneling. Di depan saya ada 4 Motor yg melaju cukup pelan. Singkat cerita akhirnya saya menabrak pengendara yang paling belakang dan beruntung hingga pengendara terdepan. 
Untung pada kecelakaan itu tidak ada yang terluka cukup parah. Tapi tetep aja karena gagal Oper Gigi Perseneling, diri saya celaka dan saya mencelakakan orang lain. 
Udah kita jatuh, masih dimarahin orang lain pula...hahaha :D
Beberapa penyebab kesulitan Oper Gigi Perseneling yang saya ketahui adalah sebagai berikut :

  1. Kampas kopling habis atau terbakar, sehingga kurang pakem. Efek nya, proses setengah kopling pada kopling house masih berada di putaran tinggi dan rotary sulit bergerak dan menggeser fork serta gigi transmisi. Cukup diatasi dengan penggantian kampas kopling baru.
  2. Setelan otomatis setengah kopling kurang dalam, sehingga proses setengah kopling susah didapat. Kondisi demikian plat kopling dan kampas kopling tak bisa bebas. Efek nya sama dengan kondisi saat kampas kopling habis atau terbakar. Maka, perlu dilakukan penyetelan ulang pada stelan otomatis kopling. Untuk bebek Honda, Suzuki dan Kawasaki letak stelannya berada di calter kanan. Khusus bebek Yamaha, stelan otomatis ini berada di calter sebelah kiri.
  3. Setelan stasioner karbu terlalu tinggi, putaran kopling house terlalu tinggi sehingga gig rotary drum shift statis diam, sebab menganggap gigi rasio bekerja dan motor lagi jalan. Untuk mengatasinya, cukup dikurangi tinggi nya stasioner mesin.
  4. Oli mesin mulai encer efek terlalu lama pemakaian, sehingga drum shift serta fork pemindah gigi mekanis nya kurang lancar. Sehingga memicu terjadi nya gigi rasio nge-missed atau gagal dipindah. Saat nya mengganti oli mesin sesuai yang direkomendasikan pabrikan.

No comments:

Post a Comment