Saturday, January 21, 2012

Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi

Menjadi seorang polisi memang bukan cita-cita seorang Ricky Harso. Namun soal ubahan yang dilakukan pada Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi miliknya ini, sejatinya memang mengusung konsep mobil polisi masa depan, yang terinspirasikan dari beberapa tema film fiksi kegemarannya.

Hasil modifikasi garapan Ricky yang diganjar tropi The Best Extreme Body Kit dan The Best Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi, pada event Accelera Auto Contest 2011 Final Battle di Jakarta, (17-18/12) lalu, sebenarnya terlihat lebih condong ke tema fiksi versi pribadi.

Dikatakan demikian, lantaran ubahan yang terjadi pada eksterior maupun interior Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi miliknya, didominasi dari rekayasa hasil pemikirannya sendiri. Seperti pemakaian body kit di sekujur bodi hatchback bertransmisi otomatis ini. "Desain keseluruhan murni dari saya, tapi untuk proses pembuatan memang dibantu pihak lain," ujar pemilik gerai Dice Sticker di daerah Rawasari, Jaktim ini.

Kelir hitam solid bawaan Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi dianggap tidak mampu mencerminkan kesan futuristik. Alhasil sekujur bodi luar besutan hariannya ini dibungkus stiker warna silver doff. Sehingga penampilannya lebih terlihat menarik, buat menciptakan sosok fiksi yang ada di benak Ricky.

Material stiker yang dipakai untuk membungkus seluruh bodi Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi-nya juga bukan yang biasa. "Bahannya lebih tebal ketimbang stiker oracal. Makanya saat proses penempelan butuh ketelitian dan kesabaran, karena agak sulit digeser-geser kalau sudah tertempel ke permukaan pelat," beber spesialis cutting sticker yang berusia 26 tahun ini.

Pemakaian pelek Work ring 20 inci model krom juga punya alasan tersendiri. Lebih menyesuaikan tampilan bodi yang sudah berbalut nuansa perak tadi.  Sedangkan ornamen tambahan pada eksterior, menurut Ricky, mesti terkesan gagah layaknya sosok mobil fiksi dari kesatuan polisi masa depan khayalannya. Seperti penambahan aksen karbon printing di panel backdoor serta engine hood, berikut grafis di seluruh pintu samping bergambar sosok pelindung kaum lemah pada  yang seolah ingin menanggalkan kesan feminin dari tampang asli Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi.

Sound Quality Loud Mazda '10 : Fiksi Versi Pribadi
Setting-an audio dengan konsep sound quality loud (SQL), agaknya sudah menjadi keharusan bagi kontestan modifikasi buat turun kontes. Namun, Ricky yang sangat menggemari film-film animasi bertema fiksi dan action, sepertinya memang butuh penataan suara yang powerful namun tetap asyik buat didengar telinga.Berbekal driver Pioneer dengan kemampuan multimedia mumpuni, sanggup menghasilkan reproduksi sound yang lebih berkualitas. Penguat suara juga dipercayakan pada produk sejenis, untuk menyelaraskan setting-an akhir agar terdengar lebih berkarakter.

Sementara penguat dentuman nada bass, sisi kanan-kiri bagasi dimanfaatkan sebagai boks subwoofer. Kubikasi terlihat dibikin besar lantaran menganut boks model ported, yang dilengkapi lubang hawa di setiap bagiannya.

Tujuannya untuk memaksimalkan kemampuan entakan suara low, serta meminimalkan hambatan pada efek fleksibilitas konus subwoofer.

No comments:

Post a Comment